Thursday, January 5, 2017

Pilih Harvard, MIT atau Stanford


Sore ini, sembari membantu si adik yang kini berada pada semester 5 kuliah nya di fakultas peternakan di salah satu kampus negeri di pulau Lombok NTB menyusun laporan. Saya tergelitik membaca sebuah trending thread di salah satu forum tanya jawab asing,
judulnya sebagai berikut :
Jika kamu dinyatakan diterima pada beberapa kampus prestisius berikut yaitu : Harvard, Yale Princeton, Stanford, MIT, atau UC Berkeley (semuanya merupakan kampus elit, mahal, bergengsi dan memiliki reputasi terbaik tidak hanya di amerika melainkan juga dunia), dan kamu memiliki cukup dana untuk menjalani kuliah di satu dari tempat tersebut, kampus manakah yang akan kamu pilih?

baik, berikut penjabarannya sesuai thread di forum tersebut
Pertama saya beritahukan kepada pembaca sekalian bahwa kondisi si penulis saat dilema ini terjadi sudah dalam posisi menentukan pilihan yaitu Harvard.

Kedua, penulis atau si thread starter bukanlah orang biasa biasa saja, maksud saya termasuk ber otak cemerlang dan memiliki cukup dana untuk membayar biaya kuliah di salah satu dari kampus bergengsi yang masuk dalam pilihannya.

Ketiga, penyebab mengapa hanya pilihan (terbatas)tersebut yang disebutkan, adalah lebih karena keluarga si thread starter adalah sosok yang berorientasi akademik sebagaimana diceritakan bahwa ayahnya adalah pemegang gelar Ph.D dalam bidang engineering (rekayasa-teknik) adapun ibunda nya adalah pemegang gelar Ph.D di bidang botani, adapun pamannya dari si thread starter setidaknya dua orang diantaranya merupakan profesor yang di bidang (dan yang mengajar) matematika. adapun salah satu bibi nya adalah seorang yang memiliki keahlian dalam bidang penyembuhan kanker, tidak semua jenis kanker namun si bibi dari thread starter adalah seseorang yang cukup cemerlang pada pengembangan metode untuk penyembuhan kanker jenis tertentu (kanker tulang).

Diceritakan bahwa tidak mudah bagi si thread starter untuk hidup dibawah bayang-bayang sosok yang berada di sekitarnya dimana faktanya masing masing mereka adalah orang yang tekun dalam bidang mereka (jika tidak dapat kita katakan cemerlang). dimana ayah dari penulis thread berpendapat bahwa di masa yang akan datang, dengan semakin meningkatnya kemampuan komputer, tidak lama lagi komputer  akan dapat menggantikan task yang umumnya dapat dilakukan oleh junior engineer, tentu sang ayah dalam hal ini memiliki visi yang cukup dapat di pertimbangkan-didengar.

Pada akhirnya, sebagaimana trendingmatters sebutkan diawal, si penulis thread memutuskan mengambil Harvard yang mana opsi harvard ini dalam benaknya hanya sedikit dapat didekati oleh stanford sebagai alternatif, hal tersebut  (pilihannya terhadap Harvard over Stanford) terutama lebih karena ia merasa mungkin akan kurang dapat serius kuliah mengingat baiknya keadaan cuaca di Stanford.

selebihnya Thread starter juga menyebutkan bahwa di Harvard ia sempat dan sedang mengambil mata kuliah yang mungkin saja memiliki sedikit relevansi terhadap bidang nya (thread starter mengambil bidang ilmu komputerdan merencanakan untuk serius dalam merintis karir sebagai software developer)

dan di akhir tulisan si thread starter menyebutkan, hidup ini lebih dari sekedar apa yang kau lakukan di tempat kerja atau apa yang kau pilih dan peroleh di bangku kuliah, kendati demikian si thread starter merasa memiliki privilege untuk memilih.


materi asli dalam bahasa asing dapat anda temukan dengan mengetikkan keyword berikut pada mesin pencari :
If accepted to MIT, Yale, Harvard, Princeton and Stanford
which would you choose and why?

No comments:

Post a Comment

Silakan beropini,