Friday, July 28, 2017

Jangan remehkan gejala jantung koroner

Hello trendingmates

Kejadian serangan jantung yang datang secara tiba-tiba melibatkan banyak factor, ketidak waspadaan si pengidap bisa jadi salah satu penyebabnya. Sebagian orang kerap mengira ketika mengalami serangan jantung, bahkan hanya mengira sebagai masuk angin biasa. Kardiolog berpengalaman bernama Santoso KK, masyarakat awam lalu mencoba mengatasinya cukup dengan melakukan pijat atau yang biasa kita kenal sebagai “kerokan”.

Alhasil, terjadilah keterlambatan pengambilan tindakan. Maka apabila dirasakan sakit atau nyeri agak aneh di sekitar dada seperti tertekan kemudian rasa skaitnya menjalr ke lengan (terutama lengan kiri), ke leher seperti dicekik, atau ke rahang sehingga keringat dingin muncul dan tubuh menjadi lemas, waspadalah itu adalah gejala serangan jantung.

Gejala yang juga dikenal dengan angina pectoris (AP) biasanya timbul setelah banyak makan, aktivitas fisik berlebihan, merokok, , kedinginan, stress emosional (marah marah, terlalu sedih dan lain-lain).
Biasanya gejala  tersebut akan berulang terus selama 20 menit, bahkan pada kasus tertentu ditemukan kejadian penderita gejala tersebut diatas yang sampai pingsan akibat irama jantung yang terganggu.

Gejala Yang Cukup Variatif

Kendati demikian beberapa gejala yang sudah disebutkan diatas adalah gejala khas, adapun yang tidak khas adalah seseorang akan mengalami rasa sakit seperti gastritis (Maag) umumnya gejala semacam ini terjadi pada pagi hari, sekitar subuh hingga pukul 10, dengan demikian bagaimana sebaiknya agar pertolongan /treatment yang diberikan tidak terlambat?

Protokol MONA 

Secara sederhana MONA dapat kita pahami sebagai prosedur standard ketika terjadi serangan jantung atas seseorang yang dicurigai mengidap gejalanya. Perhatikan urutan berikut:

Pertama orang yang terkena serangan jantung pada 5 menit pertama harus sudah curiga bahwa dirinya terkena serangan jantung.

Kedua call for help, meminta/ memanggil pertolongan kepada orang terdekat, dan upayakan agar segera menghubungi pusat pemberi tindakan medis seperti rumah sakit, puskesmas atau klinik terdekat.

Ketiga ambulans dari rumah sakit yang berikutnya akan memberikan MONA bergantung pada situasi dari penderita. Protokol MONA sejatinya secar internasional telah tersosialisasi-teraplikasi dengan baik, meski belum dterapkan merata, namun telah pula diupayakan komunikasi dan sosialisasi nya terhadap medis di Indonesia termasuk dokter yang membuka unit emergency. MONA sendiri merupakan abreviasi dari (M*rfin, Oksigen Nitrat, Aspirin).

Terkait pemberian Aspirin, si penderita dapat menyiapkan sewaktu waktu dan langsung meminumnya ketika keadaan memaksa demikian, dimana Aspirin setelah dikeluarkan dari kemasannya dapat dikunyah dan ditelan lalu meminum air putih. Adalah penting memahami manfaat aspirin dikarenakan dampaknya yang sifnifikan dalam emngurangi kematian akibat serangan jantung sebesar 20 %.

Faktor resiko yang variatif

Factor resiko penyakit jantung ada yang tidak bisa dicegah dan bisa dicegah. Faktor yang tidak bisa dicegah  diantaranya : riwayat keluarga, laki laki lebih berpotensi terkena daripada perempuan (yang belum menopause) dan factor usia. Adapun yang dapat dicegah adalah  diabetes, hiepertensi, hiperkolesterol , rokok dan stress. Terkait dengan factor yang bisa dicegah umumnya berkaitan dengan gaya hidup.

Hindari stress

Khusus mengenai stress, dapat kiranya dibagi menjadi stress kronis dan stress akut. Stress kronis adalah stress berkepanjangan yang dapat memicu oengerasan pembuluh darah arteri. Bila terjadi di otak berpotensi mengakibatkan stroke, bila terjadi di jantung akan memicu penyakit jantung stress kronis ini sendiri disebabkan pola hidup  dan kerja yang penuh stress karena manajemen waktu yang kurang baik dapat juga disebabkan hal sepele.
Sementara stress akut tejadi ketika terjadi suasana kacau, seperti bencana dan hal lain yang semisal. Akan tetapi studi menunjukkan stress kronis lebih berkontribusi dalam menimbulkan serangan jantung.

TIPS

Tips yang dapat diikuti untuk mengurangi factor resiko  adalah diantaranya tidak merokok, konsumsi makanan sehat  dan rutinkan aktivitas fisik, orang dewasa dianjurkan untuk berjalan 10 ribu langkah per hari. Bagi kaum lelaki yang muslim, mengupayakan berangkat untuk menunaikan sholat di masjid  dengan berjalan kaki dapat menjadi awal yang sangat baik.


KeyNote :MONA as a protocol when heart attack, MONA treatment during first aid at heart attack


No comments:

Post a Comment

Silakan beropini,