Sebagaimana yang sudah kita saksikan bersama, Marquez
diketahui mengalami hal yang tidak diharapkan pada FP 3 Race GP Austria, meski
demikian Rider HRC yang pada FP 4 mengukuhkan posisinya untuk start dari baris
ke dua, ternyata dapat finish pada posisi 5 dalam balapan yang dilangsungkan
hari Minggu 14 Agustus. Alih-alih menyayangkan hasil di luar podium 3 besar,
Sebagian besar fans sebenarnya menyayangkan kejadian jatuhnya Marquez 93 pada
FP 3 yang berakibat pada dislokasi bahu secara parsial.
Adapun official team HRC maupun Marquez 93 sendiri memiliki
tanggapan masing-masing terkait rentetan peristiwa yang terjadi di Redbull ring (Spielberg Circuit) Austria.
Berikut kutipannya
Official HRC :
Dengan kondisi fisik sedemikian (setelah kejadian crash
cukup fatal), Marquez 93 sudah memetik point penting, dimana hasil akhir adalah
duo rider ducati posisi 1-2 lalu duo Yamaha Posisi 3-4. Lalu Dani juga terlihat
dapat secara konsisten menunjukkan ritme yang membaik.
Pembaca Sekalian, tentu dengan perolehan di luar 3 besar,
meski Marquez masih berada di pemimpin klasemen sementara perebutan juara dunia
2016, HRC akan masih tetap memberikan pernyataan retoris semacam ini. Mengingat
regulasi engine freez oleh Dorna Sport dan official Moto GP dimana mesin
kendaraan yang sponsor utama nya pabrikan tidak sama sekali diijinkan melakukan
pengembangan mesin di saat musim balapan berjalan/berlangsung. Diluar itu
homologasi single ECU yang di suplai oleh Magneti Mareli instead of kombinasi
in house software dan ECU yang dikembangkan secara internal oleh Honda
(sebagaimana pada musim 2013-2014)juga turut andil dalam meningkatnya tingkat
kompetisi pada kelas Premier. Di sisi lain penggunaan ban Michelin yang dipakai
pada musim 2016 ini (setelah lama absen sebagai penyuplai ban utama) juga
semakin menyetarakan pengetahuan masing-masing tim untuk kembali mempelajari
karakter compound nya sebagai acuan dalam R&D saat juga saat melakukan
set-up tunggangan dari rider-rider
mereka sebelum digeber.
Jika tadi menyimak tanggapan dari official HRC, lalu
bagaimana tanggapan Marquez 93 dan Pedrosa 26, berikut trendingmatters ulas :
MM 93 : cukup sulit beradaptasi jika mengingat race Austria
kemarin, namun secara sederhana saya mau ungkapkan bahwa kondisi fisik saya
akibat crash tidak begitu mengganggu. Dan dengan melihat bahwa saya dengan
finish ke 5 masih di puncak klasemen, setidaknya saya masih dapat melihat bahwa
kami (saya dan tim) masih berada pada the right track
DP 26 : Red Bull Ring adalah sirkuit baru dengan fasilitas
yang impresif serta pemandangan yang bagus. Meski saya harus akui race kemarin
cukup ketat. Dan perlu diketahui bahwa setingan motor saat kualifikasi free
practice dan saat race cukup kompleks (rumit), jadi hasil akhirnya demikian.
Namun kami nampaknya akan menikmatinya (Red Bull ring) kembali tahun depan.
Dani and Fans |
No comments:
Post a Comment
Silakan beropini,